STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU AQIDAH AKHLAK DI MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA LABORATORIUM KOTA JAMBI

Main Authors: UMIL MUHSININ, TP. 151478, Huda, Huda, Julis, Dailami
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/2847/1/TP%20151478%20UMIL%20MUHSININ%20PAI%20-%20Bendi%20Jambi.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/2847/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan kompetensi guru Aqidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Swasta Laboratorium Kota Jambi. Penelitian ini berbentuk deskriptif kualitatif yang dilihat melalui sudut pandang pendidikan, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menemukan bahwa bentuk peningkatan kompetensi guru Aqidah Akhlak di MTs Swasta Laboratorium Kota Jambi yaitu kepala sekolah mengecek persiapan mengajar guru, mengatur kompetensi guru, mengirim guru mengikuti diklat/pelatihan dan mengontrol/mengevaluasi tugas guru. Kendala yang ditemui dalam peningkatan kompetensi guru Aqidah Akhlak di MTs Swasta Laboratorium Kota Jambi dipengaruhi oleh sejumlah faktor dominan, yaitu guru ada yang tidak membuat rencana pembelajaran, disiplin guru di sekolah masih rendah serta media dan sumber pembelajaran yang masih terbatas ketersediannya di sekolah. Upaya peningkatkan kompetensi guru Aqidah Akhlak di MTs Swasta Laboratorium Kota Jambi dilakukan dengan peningkatan disiplin mengajar, dan meningkakan kesadaran guru terhadap profesinya yang mulia. Rekomendasi penelitian ini adalah: kepala kepala MTs Swasta Laboratorium Kota Jambi untuk menindaklanjuti upaya peningkatan kompetensi guru Aqidah Akhlak melalui pemberdayaan program peningkatan mutu guru yang ada di sekolah (MGMP dan KKG) dengan memperhatikan permerataan dan pemeliharaan tema-tema pelatihan yang seuai dengan kebutuhan guru. Kepala MTs Swasta Laboratorium Kota Jambi untuk senantiasa mengontrol dan mengawasi efektivitas pelaksanaan peningkatan kompetensi guru Aqidah Akhlak yang dilakukan oleh kepala sekolah serta ikut memonitor tindak lanjut penilaian kinerja guru tersebut. Kepada guru MTs Swasta Laboratorium Kota Jambi untuk selalu meningkatkan kinerjanya secara profesional dalam rangka mewujudkan aktivitas belajar siswa.