PENGARUH PENDEKATAN SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL DAN INTELEKTUAL) TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH LABORATORIUM KOTA JAMBI
Main Authors: | NURUL KOMARIYAH, TM. 140742, Jannah, Siti Raudhatul, Kukuh, M. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/2842/1/skripsi%20nurul%20komariyah%20bookmarks%20-%20Nurul%20Komariyah.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/2842/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual)terhadap minat belajar Matematika siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Laboratorium Kota Jambi. Peneltian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian yaitu True Experimental design. sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Kota Jambi yang memiliki minat belajar matematika siswa rendah yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah siswa 107 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling.Berdasarkan teknik tersebut, diperoleh 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol, masing-masing kelas terdiri atas 36 siswa. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis kontigensi, dari hasil perhitungan diperoleh = 0,329<1,347>0,424 Peneliti menemukan bahwa penggunaan Pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual) berpengaruh secara signifikan terhadap minat belajar Matematika siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Laboratorium Kota Jambi. Hasil penelitian ini menyarankan agar guru menerapkan Pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual) dalam kegiatan pembelajaran mata pelajaran matematika.