PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI KELOMPOK A TAMAN KANAK-KANAK MAGALI KECAMATAN TELANAIPURA KOTA JAMBI
Main Authors: | NURPADILA, TRA. 151766, Yusria, Yusria, Ridwan, Ridwan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/2840/1/SKRIPSI%20NURPADILA_TRA.151764%20PIAUD%20-%20dilla%20bae.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/2840/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas tentang Penerapan Pendekatan Saintifik untuk meningkatkan kreatifitas anak usia dini di TK Magali Kecamatan Telanaipura Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan desain model Kemmis &Mc. Taggartyaitu terbentuk spiral dari siklus yang satu ke siklus yang berikutnya. Model Kemmis dan Taggart menggabungkan komponen acting dan observing dalam satu kesatuan karena keduanya merupakan tindakan yang tidak terpisahkan, terjadi dalam waktu yang sama. Dalam perencanaannya Kemmis menggunakan sistem spiral refleksi diri yang setiap siklus meliputi 3komponen yaitu: rencana (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian menemukan bahwa Penerapan Pendekatan Saintifik berpengaruh terhadap peningkatan kreatifitas anak usia dini pada tema Tanaman dengan sub tema daun di TK Magali Kecamatan Telanaipura Kota Jambi. Hasil penelitian ini menyarankan agar guru menerapkan pendekatan saintifik dalam kegiatan poembelajaran di sekolah sesuai dengan materi yang akan dipelajari.