PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA
Main Authors: | TUTY HIDAYATI, TM.151300, Hurmaini, Hurmaini, Yusra, Dela Amrina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/2825/1/TM151300_TUTY%20HIDAYATI_TADRIS%20MATEMATIKA%20-%20tuty%20hidayati.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/2825/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Batanghari. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen . Desain yang digunakan adalah posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 1 Batanghari yang memiliki hasil belajar matematika yang rendah yang terdiri 4 kelas dengan jumlah siswa 95 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah diambil dengan menggunakan cluster random sampling. Berdasarkan teknik tersebut, diperoleh 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen berjumlah 24 siswa dan kelompok kontrol berjumlah 26 siswa, Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes dengan tipe uraian yang terdiri dari 5 soal. Peneliti menganalisis data dengan menggunakan uji-t dan korelasi Phi. Dari hasil perhitungan uji-t dapat diketahui bahwa ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran probing prompting dengan yang tidak menggunakan model pembelajaran probing prompting. diperoleh 5% < t0 > 1% atau sama artinya dengan 2,02< 4,37 > 2,69. Dan hasil perhitungan korelasi phi diperoleh rt 5% < Φ >rt 1% = 0,28<0,47>0,36. Berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan model pembelajaran Probing Prompting (kelas eksperimen) terhadap hasil belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 batanghari. Hasil peneltian ini menyarankan agar guru dapat menerapkan model pembelajaran Probing Prompting yaitu pada pokok bahasan turunan fungsi aljabar dalam pembelajaran matematika.