PENGARUH PEMBERIAN TUGAS MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWADI MADRASAH TSANAWIYAH MAMBAUL ULUM KOTA JAMBI

Main Authors: NOVIANTI HASANAH, TM. 151255, Jamil, Zawaqi Afdhal, Wirman, Rahmi Putri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/2822/1/TM151255_NOVIANTI%20HASANAH_TADRIS%20MTK%20-%20Novi%20Anti.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/2822/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Pemberian Tugas Mind Mapping terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa di Madrasah Tsanawiyah Mambaul Ulum Kota Jambi Tahun Ajaran 2018/2019. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui skor kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diberikan perlakuan pemberian tugas Mind Mapping, kemudian untuk mengetahui skor kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang tidak diberikan perlakuan pemberian tugas Mind Maping, dan untuk mengetahui pengaruh signifikan pemberian tugas Mind Map terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain Posttest-Only Control Design sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-A yang berjumlah 24 siswa sebagai kelas eksperimen dan yang terpilih kedua kelas VIII-C yang berjumlah 28 siswa sebagai kelas kontrol yang ditentukan melalui teknik Cluster Random Sampling. Data hasil penelitian diperoleh skor tertinggi di kelas eksperimen adalah 87 dan skor terendah 53 dengan rata-rata 71,38, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh skor tertinggi 74 dan skor terendah 21 dengan rata-rata 48,14. Berdasarkan perrhitungan menggunakan uji t diperoleh thitung = 3,32 dan pada taraf signifikan 5% diperoleh ttabel = 2,009 dan taraf signifikansi 1% ttabel = 2,678 dengan demikian Sehingga Ha diterima, artinya bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diberi perlakuan pemberian tugas mind mapping dengan yang menerapkan model pembelajaran konvensional di Madrasah Tsanawiyah Mambaul Ulum Kota Jambi.