ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF

Main Authors: KEKE FEBRIANSARI, TM. 151231, Armida, Armida, Zulyanty, Marni
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/2821/1/TM151231_KEKE%20FEBRIANSARI_TADRIS%20MATEMATIKA-dikompresi%20-%20Keke%20Febrian.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/2821/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang apa saja kesalahan serta penyebab kesalahan yang dilakukan siswa kelas VII MTs Negeri 3 Kota Jambi dalam menyelesaikan soal essay pada materi segiempat ditinjau dari gaya kognitif field independence dan field dependence yang dimiliki siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, sedangkan pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes dan wawancara. Peneliti menggunakan triangulasi teknik dan waktu untuk menguji keabsahan data. Subjek penelitian menggunakan snowball sampling, dipilih 5 subjek penelitian yaitu 2 subjek memiliki gaya kognitif field independence dan 3 subjek memiliki gaya kognitif field dependence. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memiliki gaya kognitif field independence cenderung melakukan kesalahan keterampilan proses dan menarik kesimpulan, sedangkan field dependence cenderung melakukan kesalahan memahami masalah, menggunakan rumus, keterampilan proses dan menarik kesimpulan. Adapun penyebab kesalahan siswa dalam penelitian ini yaitu kurang menguasai materi, kurang teliti dan terburu-buru dalam mengerjakan soal.