PENGARUH PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI MADRASAH TSANAWIYAHNEGERI 8 MUARO JAMBI

Main Authors: ISTIQOMAH NUR AHYA, TM. 151226, Usmar, Ali, Sunarto, Sunarto
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/2820/1/TM151226_ISTIQOMAH%20NUR%20AHYA_TADRIS%20MTK%20-%20Rohima.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/2820/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Penerapan Model Kooperatif tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 8 Muaro Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan metode penelitian eksperimen dan dengan menggunakan desain Quasi Eksperimental dengan bentuk posttest only control design. Sedangkan teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Untuk instrument pengumpulan data dilakukan dengan test essay sebanyak 5 soal. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 8 Muaro Jambi. Pada bulan April-Mei 2019. Subjek penelitian ini adalah siswa dari kelas VII A sebagai kelas kontrol yang berjumlah 28 orang dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 28 orang. Data hasil penelitian diperoleh nilai tertinggi di kelas eksperimen adalah 100 dan nilai terendah 50 dengan rata-rata 81,64% sedangkan pada kelas control diperoleh nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 40 dengan rata-rata 60,39%. Berdasarkan perhitungan uji t diperoleh dan pada taraf signifikansi 5% diperoleh dan pada taraf signifikansi 1% diperoleh dengan demikian 2,006 < 4,97 > 2,668. Sehingga Ha diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara model kooperatif tipe Make A Match terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 8 Muaro Jambi.