PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-MAGAZINE PADA MATERI SEGIEMPAT UNTUK SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM AL-FALAH JAMBI

Main Authors: IRMA GUNIARTI, TM.151225, Adnan, Latifah, Meslita, Rima
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/2819/1/TM151225_Irma%20Guniarti_Tadris%20Matematika%20-%20darminto%20minto.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/2819/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini membahas tentang pengembangan media pembelajaran e-magazine (Electronic Magazine). E-Magazine merupakan majalah elektronik (Electronic Magazine) disingkat e-Magazine adalah versi elektronik dari majalah karena berbasis listrik. Majalah elektronik tidak lagi menggunakan bahan baku berupa kertas untuk menulis artikel-artikel seperti majalah pada umumnya, melainkan dalam bentuk file digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan emagazine pada materi segiempat di Sekolah Menengah Pertama Islam Al-Falah Jambi dan mengetahui respon siswa kelas VII terhadap pengembangan yang mengadaptasi kerangka berfikir ADDIE yang terdiri dari tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, evaluasi. Instrumen penelitian menunjukan yang digunakan adalah lembar obserbservasi, wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa penilaian e-magazine menurut ahli media, ahli materi, dan penilaian guru masing-masing diperoleh rerata skor jawaban sebesar 4,8 (sangat baik); 4,4 (sangat baik); 4,1 (baik) selanjutnya presentase skor respon siswa diperoleh sebesar 81,33 % (sangat baik). Berdasarkan proses pengembangan secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa e-magazine ini dikembangkan dengan dengan menggunkan kerangka pengembangan ADDIE, yang terdiri dari tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, evaluasi dan berdasarkan respon siswa kelas VII, e-magazine sangat baik digunakan sebagai sumber belajar.