PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 30 MUARO JAMBI

Main Authors: ARDIANTY OKTAVIANA, TM. 151192, Alfian, Alfian, Asiani, Rosi Widia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/2803/1/ARDIANTY%20OKTAVIANA%20TM151192%20Matematika%20-%20ardianty%20oktaviana.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/2803/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Terhadap Hasil belajar Siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian yaitu True Experimental Design yaitu Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah siswa 73 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data Uji T dan Korelasi Phi. Dari hasil perhitungan uji-t diperoleh t_(t ) 5%<t_0>t_t 1% =2,02<3,413>2,09. Dan hasil dari perhitungan korelasi phi diperoleh r_(t ) 5%<φ>r_t 1% = 0,285<0,417>0,368. Dari hasil perhitungan tersebut, peneliti menemukan bahwa penerapan model pembelajaran Teams Games Touurnament berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar matematis siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 30 Muaro Jambi.