PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA WAYANG SORONG PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER PEDULI TERHADAP LINGKUNGAN SISWA KELAS IV MIN KOTA JAMBI
Main Authors: | ANGGI KURNIAWAN, TPG. 151648, Shalahuddin, Shalahuddin, Azim, Fauzan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/2801/1/Anggi%20Kurniawan_TPG.151648_PGMI-dikompresi%20-%20anggi%20bgap.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/2801/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas tentang pengembangan media pembelajaran berupa wayang sorong pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam untuk meningkatkan karakter peduli terhadap lingkungan siswa kelas IV MIN Kota Jambi. Pada permasalahan tersebut yakni kurangnya rasa peduli terhadap lingkungan, sehingga karakter peduli terhadap lingkungan sangat kurang., khususnya pada tema peduli terhadap lingkungan subtema ayo cintai lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D), dengan menggunakan model Borg dan Gall, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, wawancara, dokumentasi, dan observasi. Peneliti menemukan bahwa media wayang sorong untuk guru dan siswa kelas IV yang diterapkan tersebut dapat memberikan pengaruh segnifikan terhadap peningkatan karakter peduli terhadap lingkungan. Hasil pengembangan produk ini berupa buku petunjuk penggunaan media dan media wayang sorong. Sementara hasil ujicoba validasi menyatakan rata-rata kevalidan produk mencapai > 90%, sehingga produk dan mendapat kategori sangat layak untuk diterapkan dan hanya membutuhkan revisi kecil. Data uji pre-test (variabel I) adalah 1295 dan uji post-test (variable II) adalah 1949. Data dari dua variable tersebut selanjutnya dilakuakan uji- t (uji perbandiangan variable I dan II). Perbandiangan dua data tersebut menghasilkan thitung = 0,399 selanjutnya dilakuan penjarian ttabel. Selanjutnya perbandian thitung dan ttabel dengan hasil thitung>ttabel pada tarap signifikan 5% maupun tarap signifikan 1% atau 5%>t0<tt = 0,304 >0,399<0,393 dengan demikian hipotesis alternative (Ha) Diterima, dan (H0) ditolak. Dari hasil tersebut, dapat dinyatakan bahwa media wayang sorong dapat meningkatkan karakter peduli terhadap lingkungan siswa kelas IV MIN Kota Jambi.