PENGARUH STRATEGI ACTIVE LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST SISWA KELAS IX MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 3 TANJUNG JABUNG TIMUR DI KABUPATEN TANJUNG JABUNG TIMUR PROVINSI JAMBI

Main Authors: ANATUN NISA MUN’AMAH, TP. 151325, Rosadi, Kemas Imron, Walid, Abul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/2800/1/Anatun%20Nisa%20Mun_amah%20TP151325%20PAI.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/2800/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang pengaruh strategi active learning terhadap hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadist siswa kelas IX Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Tanjung Jabung Timur di Kabupaten Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain pre eksperimental – one group pretest posttest design, teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini berupa cluster random sampling dengan sampel yaitu seluruh siswa kelas IX C, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik test. Sebelum data dianalisis dengan ttest,, dilakukan uji prasyarat hipotesis terlebih dahulu dengan uji Chi-Square untuk menguji normalitas data dari dua kelompok. Dari perhitungan normalitas diperoleh bahwa data kelompok pre-test dan data kelompok post-test berdistribusi normal. Sementara untuk menguji apakah data tersebut homogen atau tidak digunakan uji Fisher, dari perhitungan diperoleh bahwa kedua data homogen. Dan yang terakhir untuk menguji hipotesis data digunakan uji NGain, uji t, dan effect size. Dari hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh bahwa hipotesis (Ho) ditolak , sementara Ha diterima, dengan demikian hasil dari penelitian ini menemukan terdapat pengaruh yang signifikan antara strategi active learning terhadap hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadist siswa kelas IX di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Tanjung Jabung Timur dengan besar signifikansi pengaruh yang tergolong sangat tinggi.