ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESADARAN KONSUMEN MUSLIM TERHADAP LABELISASI HALAL PRODUK MAKANAN DAN MINUMAN DI PT. TRONA JAMTOS

Main Authors: Muhammad Khoirudin, SE. 110085, Tarmizi, A, Prayogo, Youdhi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/2771/1/Muhammad%20Khoirudin-SE110085%20-%20Dinni%20Computer.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/2771/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini bertujuan untuk mengungkapkan analisis faktor yang mempengaruhi kesadaran konsumen muslim terhadap labelisasi halal produk makanan dan minuman di PT. Trona Jamtos.Penelitian ini bersifat deskripsi korelasional yaitu untuk mencari hubungan antara dua variabel, masing-masing dinamakan, variabel dependen dan independen. Yang menjadi variabel dependen ialah labelisasi halal produk makanan dan minuman (y), sedangkan variabel independen adalah kesadaran konsumen muslim (x) dan menguji hipotesis dari variabel yang diuji yang selanjutnya akan diuji secara statistik guna diambil suatu kesimpulan, dengan metode pengumpulan data adalah kuesioner/angket dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil dan kesimpulan sebagai berikut: (1) Tanggapan masyarakat tentang labelisasi halal produk makanan dan minuman di PT. Trona Jamtos secara keseluruhan maka dapat dikategorikan penting dengan indeks rata-rata 0,72, (2)Faktor-faktor yang mempengaruhi kesadaran konsumen muslim terhadap labelisasi halal pada produk makanan dan minuman di PT. Trona Jamtos adalah pengetahuan/pemahaman masyarakat mengenai label halal dengan pembuktian nilai probability (0,000<0,05), tingkat keagamaan yang dimiliki oleh masyarakat dengan pembuktian nilai probability (0,018<0,05) dan kesadaran halal yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri dengan pembuktian nilai probability (0,017<0,05).