PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP INDEKS PRESTASI KUMULATIF MAHASISWA PROGRAM STUDI TADRIS MATEMATIKA DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI
Main Authors: | IDA RUKMANA, TM.151224, Idris, Ilyas, Zulyanty, Marni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/2749/1/TM151224_IDA%20RUKMANA_TADRIS%20MATEMATIKA%20-%20ida%20rukmana.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/2749/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kebiasaan Belajar Terhadap Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa Program Studi Tadris Matematika Di Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian yaitu Asosiatif Klausal. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan rumus Taro Yamane sehingga didapat sampel sebanyak 86 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket. Uji prasyarat yang digunakan adalah Uji Normalitas menggunakan Chi Kuadrat serta Uji Linearitas dengan bantuan ANAVA. Adapun hasil dari Uji Normalitas dan Uji Linearitasnya yaitu = 8,48 dan 2,57 lebih kecil dibandingkan = 11,070 dengan tingkat signifikansi 5%. Sedangkan untuk hasil dari Rumus Anava untuk linear yaitu = 1,52 lebih kecil dibandingkan = 1,63 dengan tingkat signifikansi 5%. Sehingga data berdistribusi normal dan linear. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana dengan uji F. Dari hasil perhitungan didapat , atau 844 3,96 . Dari hasil perhitungan tersebut, peneliti menemukan bahwa kebiasaan belajar mempengaruhi indeks prestasi kumulatif mahasiswa Program Studi Tadris Matematika di Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.