PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 22 KOTA JAMBI
Main Authors: | HABIBULLAH, TM. 151218, Jalaludin, Jalaludin, Wendra, Betri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/2748/1/TM151218_Habibullah_Tadris%20Matematika%20-%20habibullah%20habi.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/2748/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Make a Match Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 22 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain True Experimental Design yaitu Only Control Design, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik test soal. Peneliti menemukan bahwa kelas eksperimen (VII D) lebih baik dari pada kelas kontrol (VII G). Kelas eksperimen yang menerapkan model Make a Match memperoleh nilai tertinggi , nilai terendah , dan rata-ratanya , sedangkan kelas kontrol yang menerapkan model Konvensional memperoleh nilai tertinggi , nilai terendah ,dan rata-ratanya , dan terbukti bahwa nilai kemampuan pemahaman konsep dengan menggunakan model Make a Match lebih tinggi nilainya dibandingkan nilai kemampuan pemahaman konsep yang menggunakan model Konvensional. Berdasarkan perhitungan dengan menggunakan uji t, penelitian menemukan bahwa dengan , melalui proses interpolasi diperoleh taraf signifikan dan taraf signifikan . Ternyata ( ). Hal ini menunjukkan bahwa diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa antara yang di ajar menggunakan model pembelajaran Make a Match dengan model Konvensional pada siswa kelas VII D dan VII G di Sekolah Menengah Pertama Negeri 22 Kota Jambi.