HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR SISWA DENGAN PEMAHAMAN MATEMATIS DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 KOTA JAMBI
Main Authors: | ANNISA, TM. 151190, Murtadlo MS, Ali, Kukuh, M. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/2747/1/TM151190_ANNISA_TADRIS%20MATEMATIKA%20-%20Nisa%20Annisa.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/2747/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini bertujuan untuk: (a). Ingin menunjukkan berapa skor minat belajar siswa di MAN 3 Kota Jambi, (b). Untuk menunjukkan berapa skor pemahaman matematis siswa di MAN 3 Kota Jambi. (c). Untuk menunjukkan skor hubungan antara minat belajar siswa dengan pemahaman matematis di MAN 3 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimen, dengan desain kuantitatif survey, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan angkat dan tes soal. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA yang terdiri dari 2 kelas. Sampel penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 40 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Data penelitian diperoleh skor minas siswa pada mata pelajaran matematika yaitu skor tertinggi 89 dan skor terendah 37 dengan rata-rata 59,1 dan standar deviasi 12,86, sedangkan pada skor pemahaman matematis siswa diperoleh skor tertinggi 73 dan skor terendah 13 dengan rata-rata 40,18 dan standar deviasi 14,10. Uji hipotesis menggunakan uji korelasi Product Moment. Dengan koefisien korelasi + 0,61. Koefisien tersebut terletak pada interval 0,40 – 0,70 yang berarti kedua variabel mempunyai hubugan sedang dan berarah positif. Minat siswa pada mata pelajaran matematika memberi kontribusi sebesar 37,21% terhadap pemahaman matematis dan sisanya 62,79% merupakan kontribusi dari faktor lain. Kemudian dilakukan uji signifikansi dengan membandingkan nilai pada taraf signifikansi α = 0,05 diperolah atau 0,393. Sehinggga Ha diterima artinya ada hubungan yang signifikan antara minat belajar siswa dengan pemahaman matematis di MAN 3 Kota Jambi.