PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 18 KOTA JAMBI

Main Authors: RINI ANGGRAINI, TM.140751, Muhsinin, Umil, Ghazali, M.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/2745/1/TM140751_RINI%20ANGGRAINI_mtk%20-%20Rini%20Anggraini.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/2745/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang pengaruh kepercayaan diri dan kemapuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar matematika siswa di SMPN 18 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian non-eksperimen, dengan desain kuantitatif survei. Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket dan tes. Berdasakan perhitungan menggunakan koefisien korelasi diperoleh antara kepercayaandiri terhadap hasil belajar didapat p-value = 0,663 > 0,05 ini berarti H0 diterima. Antara kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar didapat pvalue = 0,000 < 0,05 ini berarti H0 ditolak. Antara kepercayaan diri dan kemampuan berpikir kreatif didapat p-value = 0,121 > 0,05 ini berarti H0 diterima. Selanjutnya untuk mengetahui pengaruh kepercayaan diri dan kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar matematika siswadigunakan rumus analisis jalur (path analisys), dengan taraf signifikansi 5% diperoleh p-value =0,000 <0,05 yang berarti H0 ditolak. Dengan demikian variabel kepercayaan diri dan kemampuan berpikir kreatif berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa di SMPN 18 Kota Jambi.