PROGRAM PEMBINAAN KESISWAAN DALAM MEMBINA AKHLAK SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 11 DI KABUPATEN MUARO JAMBI PROVINSI JAMBI
Main Authors: | NURRIDLAH FATIMAH, TK.151163, Fadlilah, Fadlilah, Bawaihi, Bawaihi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/2742/1/SKRIPSI%20FULL%20-%20nurridlah%20fatimah.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/2742/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini tentang Pelaksanaan Pembinaan Akhlak Siswa di SMA Negeri 11 Muaro Jambi. Adapun latar belakangnya adalah terdapat beberapa permasalahanakhlak siswasebelum dilaksanakan program pembinaan akhlak siswa diSMA Negeri 11 Muaro Jambi, di antaranya pernah ditemui banyak siswa yang tidak disiplin dengan aturansekolah, siswa yang tidak patuh terhadap guru, kasar terhadap teman sebaya,berbicara yang tidak baik, dan lain sebagainyayang merupakan semua permasalahanakhlak yang membutuhkan pembinaan akhlak.Tujuan dari penelitianini adalah untuk mengetahui pelaksanaan program pembinaan akhlak siswa, danuntuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat serta dampak programpembinaan akhlak siswa terhadap peningkatan akhlak siswa di SMA Negeri 11 Muaro Jambi.Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan menggunakan metodepenelitian deskriptif kualitatif. Sumber data meliputi sumber data primer dansumberdata sekunder. Sumber data primer diperoleh dari informan, informannya adalahkepala sekolah, waka kesiswaan, guru BK, dan siswa. Sedangkan sumber datasekundernya adalah data penunjang seperti buku-buku, internet, dan bahan pustakayang relevan dengan penelitian ini. Alat pengumpulan data menggunakan observasi,wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data cara Miles danHuberman, yaitu dengan cara: reduksi data,penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian adalah sebagai berikut:Pertama: Pelaksanaan programpembinaan akhlak siswa di SMA Negeri 11 Muaro Jambisudah berjalansebagaimana mestinya dan terlaksana dengan baik, sesuai dengan jadwal yangditetapkan, dengan menggunakan metode dan materi yang bervariasi dan dilakukanevaluasi program setiap satu bulan sekali. Kedua:Faktor pendukung programpembinaan akhlak siswa meliputi tersedianya sarana dan prasarana, kerja sama yangbaik antara guru dalam mengarahkan siswa. Faktor penghambatnya yaitu masihterdapat siswa yang sulit diatur dan belum ada evaluasi khusus untuk siswa.Ketiga:Dampak program pembinaan akhlak terhadap peningkatan akhlak siswa di SMA Negeri 11 Muaro Jambiberjalan secara perlahan-lahan dan menunjukkan perubahan ke arah yanglebih baik, baik akhlak siswa terhadap Allah, akhlak siswa terhadap diri sendiri, danakhlak siswa terhadap sesama manusia