KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI 5 - 6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK ANNISA TANJUNG JABUNG BARAT
Main Authors: | TINA LATHIFAH, MPU.172730, Widdah, Minna El, Hayat, Najmul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/2722/1/MPU172730_TINA%20LATHIFAH_PIAUD%20-%20ulfa%20ningsih.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/2722/ |
Daftar Isi:
- Masalah pokok dari penelitian ini adalah mengapa kompetensi profesional guru belum optimal dalam pengembangan kreativitas anak usia dini, dengan indikator guru melakukan proses pembelajaran secara terpisah dengan bermain, guru melakukan proses pembelajaran tidak berdasarkan rencana kegiatan harian secara kreatif, serta guru melakukan proses pembelajaran hanya menggunakan buku paket sebagai sumber belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi tentang mengapa kompetensi profesional guru belum optimal dalam pengembangan kreativitas anak usia dini. Fokus penelitian ini tentang kompetensi profesional guru dalam pengembangan kreativitas anak usia dini 5-6 tahun di taman kanakkanak annisa tanjung jabung barat pada kelas B. Adapun manfaatnya yaitu untuk memberikan kontribusi sebagai masukan dan perbandingan guru agar dapat meningkatkan kompetensi profesionalnya sehingga dapat mengembangkan kreativitas anak usia dini. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan tekhnik Pusposive sampling. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tahap tekhnik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan, sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketelitian pengamatan, triangulasi, dan melakukan konsultasi kepada pembimbing. Hasil temuan dalam penelitian pertama, Kompetensi profesional guru dalam pengembangan kreativitas anak usia dini 5-6 tahun di Taman Kanakkanak Annisa menunjukkan, guru Taman Kanak-kanak Annisa masih ada yang belum berkompetensi professional mengembangkan materi dan konsep bidang keilmuan seni dan kreativitas anak usia dini, belum merancang berbagai kegiatan pengembangan secara kreatif, belum melakuka penelitian tindak kelas. Kedua, faktor penyebab rendahnya kompetensi profesional guru dalam pengembangan kreativitas anak usia dini, disebabkan faktor latar belakang pendidikan guru, faktor anggapan tuntutan administrasi, faktor minimnya sarana dan prasarana. Ketiga, upaya untuk mengembangkan kompetensi profesional guru dalam pengembangan kreativitas anak usia dini meliputi melanjutkan kuliah jurusan paud, mengikuti pelatihan dan pembinaan guru, pengadaan media pembelajaran.