UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR (SPPKB) MELALUI METODE INQUIRY DI MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK KARYA PEMBANGUNAN (PKP) AL-HIDAYAH KOTA JAMBI

Main Authors: BERTI MUSAROFAH, TF. 151079, AR, Nasrun, Isnaini, Vandri Ahmad
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/2714/1/SKRIPSI%20BERTI%20MUSAROFAH%20%28TF.151079%29_FITK_TADRIS_FISIKA%20-%20Berty%20Musyarofah.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/2714/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa terhadap pelajaran IPA yang masih rendah, yang dipicu kurangnya pemahaman konsep siswa terhadap pelajaran IPA dan siswa merasa bosan dengan metode pembelajaran yang tidak bervariasi sehingga membuat siswa menjadi pasif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan pemahaman konsep dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) melalui metode inquiry di Madrasah Tsanawiyah Pondok Karya Pembangunan (PKP) Al-Hidayah Kota Jambi pada materi tekanan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang pada setiap siklusnya terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) melalui metode inquiry dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada hasil belajar siswa kelas VIII D MTs Pkp Al-Hidayah Kota Jambi. Pada tes siklus I nilai rata-rata yang diperoleh siswa sebesar 60,37 dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 3,70% dan pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh siswa sebesar 75,93 dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 59,26% pada siklus III nilai rata-rata yang diperoleh siswa sebesar 86,30 dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 81,48%. Peneliti menyarankan guru dapat menggunakan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) melalui metode inquiry dalam kegiatan pembelajaran sehingga aktivitas dan pemahaman konsep siswa lebih optimal.