PENGEMBANGAN MEDIA SCRABBLE DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL YAQIN SIMPANG SUNGAI DUREN

Main Authors: AHMAD NUR HAMIM, TPG. 151645, Widdah, Minna El, Shalahuddin, Shalahuddin
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/2640/1/SKRIPSI%20-%20Ahmad%20Nur%20Hamim.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/2640/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang pengembangan media pembelajaran Akidah Akhlak pada materi asma’ul husna Madrasah Ibtidaiyah Nurul Yaqin Simpang Sungai Duren Muaro Jambi. Jenis Penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam mengembangkan mediaini adalah dengan menggunakan penelitian Research and Development. Sedangkan model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE yang memiliki 5 tahapan dalam pengembangannya yaitu Analyze, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah angket (kuesioner), Wawancara dan Dokumentasi. Uji coba dilakukan pada 21 siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nurul Yaqin Simpang Sungai Duren. Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran scrabble yang telah dinyatakan layak oleh validator media sebesar 90%, oleh validator materi 90% serta ahli materi sebesar 85%. Hasil analisis dari tanggapan siswa sebesar 90% serta dari tanggapan guru akidah akhlak sebesar 85 %. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran scrabble ini dapat digunakan dalam pembelajaran akidah akhlak dan dapat meningkatkan motivasi dalam diri siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran