URGENSI PENERAPAN METODE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS IV SDIT AL-MUTHMAINNAH KOTA JAMBI

Main Authors: MIRA YULIANA, TPG 141127, Ritonga, Habibuddin, Al-Ihwanah, Al-Ihwanah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/2638/1/MIRA%20YULIANA%20TPG.%20141127%20-%20Dinni%20Computer.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/2638/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang Urgensi Penerapan Metode Jigsaw dalam Meningkatkan Parisipasi Belajar IPA Siswa Kleas IV SDIT Al-muthmainnah Kota Jambi. Tujuan penelitian ini adalah untuk membantu siswa berpartisipasi dalam proses belajar mengajar yang dilakukan. Penelitian ini menggunakan metode jigsaw dalam proses belajar siswa, agar siswa lebih berpartisipasi lagi dari sebelumnya. Tujuan lainnya dengan menggunakan metode jigsaw ini yaitu (1) melatih peserta didik agar terbiasa berdiskusi dan bertanggung jawab secara individual (2) Meningkatkan kemampuan diri tiap individual (3) Saling menerima kekurangan terhadap perbedaan individu yang lebih besar (4) Pemahaman yang lebih mendalam (5) Motivasi lebih besar (6) Penerimaan terhadap perbedaan individu lebih besar (7) Memperbaiki kehadiran dan keefektifan dalam belajar.Pembelajaran metode jigsaw bertujuan untuk melatih peserta didik agar terbiasa berdiskusi dan bertanggung jawab secara individual untuk membantu memahamkan tentang suatu materi pokok kepada teman sekelasnya.Hasil dari data yang dikumpulkan menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode jigsaw mampu membuat siswa lebih aktif dalam belajar dan siswa mampu menyampaikan pendapatnya masing-masing dari segi faktor pendukung menggunakan metode jigsaw dalam meningkatkan partisiapsi siswa dapat dilihat juga dari segi sumbernya seperti buku siswa dan media yang digunakan guru, adanya media yang menarik sehingga membuat siswa lebih berpartisispasi dalam belajar.