HUBUNGAN KETERSEDIAAN KOLEKSI BAHAN AJAR DENGAN MINAT SISWA BERKUNJUNG KE PERPUSTAKAAN SMAN 5 KOTA JAMBI
Main Authors: | DESI PERMATA SARI, IPT 404173324, Raudhoh, Raudhoh, Noorseptiyanti, Farida |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/2619/1/404173324-Desi%20Permata%20Sari-Ilmu%20Perpustakaan%20-%20Desi%20Permata%20Sari.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/2619/ |
Daftar Isi:
- Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Ketersediaan Koleksi Bahan Ajar dengan Minat Siswa Berkunjung ke Perpustakaan SMAN 5 Kota Jambi. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan pendekatan korelasi. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa SMAN 5 Kota Jambi kelas I, II, III yang berjumlah 1.258 siswa dan sampel yang digunakan sebanyak 126 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu proportional stratified random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, observasi dan dokumentasi. Pengukuran variabel dilakukan dengan menggunakan kuesioner dengan skala likert. Untuk mengetahui hubungan antara variabel digunakan teknik korelasi product moment. Untuk menguji hipotesis dilakukan dengan cara membandingkan nilai rhitung dengan ttabel, selanjutnya dilakukan uji koefisien determinan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variabel X (Ketersediaan Koleksi bahan ajar) dengan variabel Y (Minat siswa berkunjung) dengan besar korelasinya 0, 656 yang tergolong hubungan kuat. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) yaitu terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variabel X (ketersediaan koleksi) dan variabel Y (minat) diterima. Sedangkan hipotesis nol (Ho) yang tidak terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variabel X (ketersediaan koleksi) dan variabel Y (minat siswa berkunjung) ditolak. Selanjtnya koefisien determinasi sebesar 43%. Hal ini menunjukkan bahwa 43 % siswa berkunjung ke perpustakaan ada hubungannya dengan ketersediaan koleksi bahan ajar sedangkan sebanyak 57% ada hubungannya dengan variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.