KEGIATAN BERMAIN PANJATAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK ALAM AL-FATH KOTA JAMBI

Main Authors: MAHMUDA, MPU.15.2278, Mukhtar, Mukhtar, Risnita, Risnita
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/2587/1/MAHMUDA%20TESIS.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/2587/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar pada anak dengan menggunakan kegiatan bermain panjatan di TK Alam Al-Fath Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) kolaborasi. Populasi penelitian adalah anak Taman Kanak-kanak Alam Al-Fath Kota Jambi kelompok B2 yang berjumlah 12 orang anak. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis kuantitatif dengan persentase dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan motorik kasar yaitu pada kondisi awal sebesar 39,58% meningkat pada Siklus I menjadi 48,33%, pada Siklus II meningkat sebesar 68,33% dan pada Siklus III menjadi 85,83% dengan kriteria berkembang sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kegiatan bermain panjatan dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak di Taman Kanakkanak Alam Al-Fath Kota Jambi Kesimpulan dari penelitian ini adalah kegiatan bermain panjatan dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak, dan implikasi penelitian ini adalah: 1) Penggunaan bermain panjatan dapat dipergunakan dalam peningkatan kemampuan motorik kasar pada anak agar lebih optimal di Taman Kanak-kanak, 2) Kegiatan bermain panjatan dapat digunakan oleh guru dan pihak sekolah sebagai alternatife dalam mengembangkan kemampuan motorik kasar pada anak, 3) Dimasukkan kegiatan bermain panjatan dalam Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran Harian yang dapat disesuaikan dengan tema dan sub tema yang digunakan di Taman Kanak-kanak.