STRATEGI GURU DALAM MENGOPTIMALKAN PENGELOLAAN KELAS DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 33/IX DESA PENYENGAT OLAK KABUPATEN MUARO JAMBI
Main Authors: | DESI MAYA SARI, TPG.151658, Idris, Ilyas, Azim, Paujan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/2586/1/Desi%20Mayasari%20%28Tpg.151658%29%20PGMI%20%20-%20desi%20mayasari.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/2586/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas tentang strategi guru dalam mengoptimalkan pengelolaan kelas dalam proses pembelajaran di kes III sekolah dasar negeri 33/IX desa penyengat olak kabupaten muaro jambi. penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain penelitian deskriptif kualitatif penelitian ini menemukan bahwa guru pada perencanaanya dalam strategi mengoptimalkan pengelolaan kelasnya sudah baik yaitu dengan adanya pembuatan RPP sebelum pembelajaran itu berlangsung, serta adanya prota, adanya prosem dan silabus juga dipersiapkan oleh gurunya. pada pelaksanaan strategi guru dalam mengoptimalkan pengelolaan kelasnya sudah cukup baik yaitu dengan adanya kegiatan-kegiatan yang bisa memotivasi siswa untuk belajar dengan cara mengatur kursi-kursi siswa, ruangan kelas bersih dan rapi, ada media-m media yang tertempel di dinding kelas dan adanya pojok baca diruangan kelas. sedangkan kendala yang dihadapi oleh guru kelas tiga yaitu kurangnya sarana dan prasarana yang memadai seperti buku, alat belajar dan keadaan meja siswa yang seadanya. hasil penelitian ini menyarankan agar guru wali kelas diharapkan lebih mampu lagi menjadi contoh dan suri tauladan bagi siswa untuk meraih cita-citanya, selalu memberikan motivasi kepada siswa dan jangan mudah mengeluh dengan keadaan sarana yang seadanya.