MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL ITTIHAD KOTA JAMBI

Main Authors: KURNIA WATI, TPG. 151691, Armida, Armida, Fatmawati, Kiki
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/2568/1/KURNIAWATI%20-%20qurnia%20karsa.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/2568/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang penerapan model problem based leaning dalam pembelajaran Tematik dalam rangka meningkatkan keaktifan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang berusaha memecahkan atau menjawab permasalahan yang dihadapi pada situasi sekarang. Adapun model yang digunakan yaitu Kemmis & McTaggart yang terdiri dari beberapa tahap yaitu: perencanaan (plan), pelaksanaan dan pengamatan (act & observe), serta refleksi (reflect). Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ittihad yang berjumlah 23 orang, untuk teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Penelitian menemukan bahwa penggunaan model problem based learning dapat meningkatkan keaktifan siswa secara signifikan dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian ini menyarankan agar guru menerapkan model pembelajaran problem based learning dalam pembelajaran tematik.