ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN BIOLOGI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI KUALA TUNGKAL
Main Authors: | KHUZAIPAH, TB. 150 980, Badariah, Badariah, Kurniawan, Fery |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/2566/1/KHUZAIPAH%20TB150980%20Evaluasi%20Sistem%20Informasi%20Akademik%20di%20UIN%20STS%20Jambi%20-%20Khuza%20Ifa.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/2566/ |
Daftar Isi:
- Analisis Standar Proses Pembelajaran merupakan proses pembelajaran yang berlangsung, meliputi proses perencanaan pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, dan penilaian pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri Kuala Tungkal. Jenis penelitian ini adalah penelitian Mixed Methods Reserach. Setting penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 dan MAN 2 Kuala Tungkal. Adapun subyek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Biologi, siswa kelas X MAN 1 dan MAN 2 Kuala Tungkal. Jenis dan sumber data menggunakan data primer dan skunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa proses pembelajaran di MAN 1 Kuala Tungkal dalam perencanaan pembelajaran (RPP) pada pertemuan I nilai rata-rata 94,12 % kriteria sangat baik, pertemuan II 88,23 % kriteria sangat baik, dan pertemuan III 82,35 % kriteria baik. Pelaksanaan pembelajaran pertemuan I 92,35 % kriteria sangat baik, pertemuan II 84,61 % kriteria sangat baik dan pertemuan III 88,46 % kriteria sangat baik. Dan untuk MAN 2 Kuala Tungkal perencanaan pembelajaran (RPP) pertemuan I 82,35 % kriteria baik, pertemuan II 94,12 % kriteria sangat baik dan Pertemuan III 94,12 % kriteria sangat baik. Pelaksanaan pembelajaran pertemuan I 80,76 % kriteria baik, pertemuan II 88,40 % kriteria sangat baik dan pertemuan III 92,30 % kriteria sangat baik. Dan untuk penilaian pembelajaran yang dilakukan oleh guru di MAN 1 dan MAN 2 Kuala Tungkal sudah baik karena ada penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Proses pembelajaran biologi di MAN 1 dan MAN 2 Kuala Tungkal kelas X MIA sudah sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan (SNP) yang ada. Semua itu dapat dilihat dari hasil rata-rata penilaian RPP, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran guru MAN 1 dikelas X MIA memiliki kriteria sangat baik. Sedangkan rata-rata penilaian RPP, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran guru MAN 2 dikelas X MIA memiliki kriteri sangat baik. Peneliti selanjutnya diharapkan membuat perencanaan yang matang terlebih dahulu sebelum melaksanakan peneitian.