PENERAPAN METODE SUGESTI IMAJINASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 12/X DESA PEMUSIRAN KECAMATAN NIPAH PANJANG

Main Authors: YUSPITA SEPTIANA, TPG 151744, Ahmad, Saidah, Nugroho, Aris Dwi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/2562/1/YUSPITA%20SEPTIANA%20-%20Septi%20jambi.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/2562/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas IV di Sekola Dasar Negeri 12/X Desa Pemusiran. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes keterampilan menulis puisi, angket dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaa, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan terjadi peningkatan keterampilan menulis puisi siswa, yaitu pada siklus I diperoleh persentase ratarata 49% dengan kiteria sangat rendah, dan pada siklus II diperoleh persentase rata-rata 89% dengan kriteria sangat tinggi. Sedangkan persentase rata-rata hasil angket diperoleh pada siklus I sebesar 51% dengan kriteria sangat rendah dan pada siklus II sebesar 88% dengan kriteria tinggi. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode sugesti imajinasi dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa dikelas IV SDN 12/X Desa Pemusiran.