PENGARUH PUBLIC RELATION DALAM KEGIATAN PENGHIMPUNAN DANA ZAKAT TERHADAP JUMLAH MUZAKKI DI INSAN MADANI KOTA JAMBI

Main Authors: WIWIT EKO PUTRI, EES. 150905, Dja'far, Halimah, Ruslan, Muhsin
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/2555/1/WIWIT%20EKO%20PUTRI%20EES.150905%20%28EKONOMI%20SYARIAH%29%20-%20wiwit%20ekoputri.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/2555/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh public relation dalam kegiatan penghimpunan dana zakat terhadap jumlah muzakki di Insan Madani Kota Jambi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 86 responden yang diambil dari donatur/muzakki LAZ Insan Madani Jambi. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Metode pengambilan data dengan kuesioner. Analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara public relation terhadap jumlah muzakki di Insan Madani Kota Jambi dimana nilai thitung > ttabel atau 7.601 > 1.663 dan nilai signifikan yang dihasilkan 0.000 > 0.05. nilai koefisien determinasi adalah 0.408 atau sama dengan 40.8%. hal ini berarti bahwa kemampuan variabel dependen (jumlah muzakki) mampu diterangkan sebesar 40.8% oleh variabel independen (public relation) dan sisanya 59.2% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.