THE EFFECT OF TONGUE TWISTER TECHNIQUE ON STUDENTS’ PRONUNCIATION ABILITY
Main Authors: | ASILFA, TE. 151545, Rahman, Mahyuzar, Rozal, Edi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/2549/1/TE151545%20-%20ASILFA%20NIM%20%20Kerly%20Bucket.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/2549/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas mengenai efek dari tehnik Tongue Twister dalam kemampuan pengucapan siswa di sekolah MAN 2 kota Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimental. Subjek penelitian berjumlah 60 orang yang 30 siswa berasal dari kelas eksperimen dn 30 siswa dari kelas kontrol. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes yakni petest dan posttest. Sedangkan untuk analisis data penulis menggunakan Google Translate Voice dan SPSS versi 25 untuk mengetahui hasil dari pretest dan posttest. Hasil penelitian menjelaskan bahwa penggunaan tehnik tongue twister berpengaruh dalam kemampuan pengucapan siswa. Hal ini terlihat dari hasil independent samples test dimana siswa yang diajari dengan tehnik tongue twister (eksperimen grup) meraih nilai 0.000 yang mana hipotesanya ialah jika hasil tes lebuh rendah dari 0.05 maka Ha diterima. Sedangkan untuk menentukan hasil rata-rata siswa yang berasal dari kelompok yang sama, peneliti menggunakan paired samples test. Hasil tes menunjukkan bahwa alternatif hipotesis diterima karena nilai tes 0.000 yang mana lebih kecil dari nilai signifikan yakni 0.05. Berdasarkan hasil tes tersebut dapat disimpulkan jika tehnik ini dapat berpengaruh untuk pronunciation siswa. Hal ini menunjukkan jika penggunaan tongue twister efektif untuk diajarkan pada siswa untuk meningkatkan kemampuan pronunciation siswa.