THE EFFECT OF PQ4R METHOD TOWARD STUDENT’S READING COMPREHENSION ON THE EIGHTH GRADE STUDENTS OF MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 KOTA JAMBI
Main Authors: | MARISA, TE 141005, Monalisa, Monalisa, Abadi, Ayuliamita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/2540/1/TE141005%20-%20MARISA%20-%20Marisa%20Risa.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/2540/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara sebelum dan sesudah memberikan percobaan di kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimen dengan kelas kontrol pretest posttest desaign, sedangkan instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda. Sampel diambil dari siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Jambi. Kelas eksperimen diajarkan dengan menggunakan strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R), sedangkan kelas kontrol diajarkan tanpa menggunakan Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R). Sebelum memberikan percobaan, para siswa dari kedua kelas diberikan pretest untuk mengetahui kemampuan mereka dalam pemahaman membaca. Di akhir percobaan, para siswa diberikan posttest. Tes yang digunakan sebagai instrumen terdiri dari 25 pertanyaan pilihan ganda. Skor rata-rata akhir yang diperoleh dari kedua kelas dianalisis dengan menggunakan uji-t dengan tingkat signifikansi α = 0,05, berdasarkan hasil test hypothesis pada hasil dari independent sample t-test menunjukkan bahwa nilai t-test lebih tinggi dari pada ttable atau tvalue(6,80) ≥ ttable (2,04). Oleh karena itu, Ha di terima dan Ho di tolak atau bisa di simpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan metode Preview, Question, Read, Reflect, Recite, and Review (PQ4R) terhadap pemahaman membaca siswa kelas delapan Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Jambi.