STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM REKRUTMEN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 5 MERANGIN
Main Authors: | JONI NUR JUNAIDI, MMP.15.2259, Maisah, Maisah, Widdah, Minna El |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/2539/1/joni%20nurjunaidi%20NIM.%20MMP.%2015.%202259%20-%20Joni%20Nur.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/2539/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui rekrutmen Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Merangin (2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi kepala sekolah dalam rekrutmen Peserta Didik Baru (PPDB) SMAN 5 Merangin(3) Mengetahui strategi kepala sekolah dalam rekrutmen Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) oleh kepala sekolah SMAN 5 Merangin Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Merangin. Subjek dari penelitian ini adalah Kepala Sekolah. Informan dari penelitian ini adalah Kepala TU, Bagian Humas, dan bagian Kesiswaan. Tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemeriksa keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan metode. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif, yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) rekrutmen penerimaan peserta didik baru dilakukan dengan pembentukan panitia, penyusunan prosedur persyaratan siswa, pengumuman, penerimaan berkas, verivikasi, seleksi dan penempatan kelas(2). faktor pendukung antara lain; tenaga pendidik,eksistensi sekolah, letak geografis dan prestasi sekolah sedangkan faktor penghambat sarana komputer dan website yang belum lengkap, dan jarak jangkauan 3) Strategi rekrutmen peserta didik baru yang dilakukan pihak SMAN 5 Merangin:(a). Strategi Intern, yaitu dengan pemanfaatan Sumber Daya Manusia untuk memperbaiki sarana dan prasarana sekolah. (b). Strategi Ekstern yaitu dengan memanfaatkan media rekrutmen Spanduk, Brosur, dan kelengkapannya, Website kunjungan ke sekolah, serta koordinasi dengan instansi terkait.