PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN READING QUESTIONING AND ANSWERING (RQA) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA TERPADU DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 24 KOTA JAMBI

Main Authors: SITI HAWASIYAH, TB.140520, Armida, Armida, Novalyan, Devie
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/2516/1/TB140520_SITI%20HAWASIYAH_TADRIS%20BIOLOGI%20-%20Siti%20Hawa.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/2516/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah terdapat pengaruh strategi pembelajaran Reading Questioning and Answering (RQA) terhadap hasil belajar IPA terpadu kelas delapan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 24 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode True Experimental Design dengan desain berbentuk Posttest only Control Design. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes akhir (post tes). Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B dan VIII C yang diambil secara Cluster Random Sampling. Jadi t hitung  dari t tabel, atau Ho ditolak (2,59  1,67) dengan persentase pengaruh (1,60) atau 73,1%. Dari daftar distribusi t ( 1 -  ) ( n1 + n2 – 2) dengan peluang 0,95 dan dk 49 diperoleh t ( 0,95 ) ( 49 ) = 1,67. Berdasarkan perhitungan diperoleh t hitung = 2,59 menandakan t hitung  t tabel atau Ho ditolak dan Ha diterima pada taraf nyata  = 0,05. Jadi, disimpulkan terdapat pengaruh penggunaan strategi pembelajaran Reading Questioning and Answering (RQA) terhadap hasil belajar IPA terpadu di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 24 Kota Jambi