استخدام وسائل الصور لترقية قدرة التلاميذ على حفظ المفردات فى تعليم اللغة العربية بالمدرسة الثانوية معهد النور تنكيت سونجي غيلام موارا جامبي

Main Authors: ADELA ANGGRAINI, TA. 151492, Yusraini, Yusraini, Prihartini, Yogia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ar
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/2502/1/TA.151492_ADELA%20ANGGRAINI_PENDIDIKAN%20BAHASA%20ARAB_TARBIYAH%20-%20adela%20anggraini.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/2502/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menghafal kosa kata bahasa arab,yang terdiri dari empat langkah,yaitu: perencanaan , pelaksanaan, analisis dan refleksi.Penulis menggunakan beberapa teknik pengumpulan data,yaitu: Metode Observasi, wawancara dan test.Populasi dari penelitian ini meliputi para siswa dan guru bahasa arab di MTs An-Nur Tangkit Sungai Gelam Muaro Jambi tahun ajaran 2018-2019.Dan penulis menggunakan instrument yang terdiri dari dua siklus tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan media gambar dapat meningkatkan mufrodat di Pesantren An-Nur.Meningkatnya nilai siswa hamper 70% dari observasi awal hingga siklus ke dua.Adapun observasi sebelum penggunaan media gambar siswa yang berhasil sebanyak 10 orang (30,30%) sedangkan yang belum berhasil sebanyak 23 siswa (69,69%) ,Pada siklus pertama nilai siswa yang berhasil meningkat sebanyak 18 siswa (54,54%) dan yang gagal 15 siswa (45,45%) Namun meningkat sangat drastis pada siklus dua yakni 33 siswa yang berhasil (100%) pada pembelajaran mufrodat bahasa arab.