KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PADA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA NURUL HUDA DI DESA MENDALO DARAT KECAMATAN JAMBI LUAR KOTA KABUPATEN MUARO JAMBI

Main Authors: SRI SILVI YANI, TP. 151471, Huda, Huda, Tabroni, Tabroni
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/2480/1/Sri%20Silvi%20Yani%20TP151471%20Pendidikan%20Agama%20Islam%20-%20Silvi%20Yani28.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/2480/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini membahas tentang kompetensi pedagogik guru pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Stnawiyah Swasta Nurul Huda. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui kompetensi pedagogik guru pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Stanawiyah Swasta Nurul Huda, ingin mengetahui kendala yang dihadapi guru pada pembelajaran AlQur’an Hadits di Madrasah Stanawiyah Swasta Nurul Huda, ingin mengetahui upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kendala pembelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Stanawiyah Swasta Nurul Huda. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, maka kehadiran peneliti di lapangan sangat penting. Peneliti bertindak langsung sebagai instrument dan sebagai pengumpul data, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan ialah kualitatif dengan teknik analisis domain, analisis taksonomi, analisis komponensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kompetensi pedagogik guru AlQur’an Hadits di Madrsah Stanawiyah Swasta Nurul Huda, meliputi memahami karakteristik siswa, mengelola program pembelajaran dan proses pembelajaran, penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik dan pemanfaatan teknologi informasi dan melaksanakan evaluasi belajar. 2) Kendala yang dihadapi guru pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Stanawiyah Swasta Nurul Huda diantaranya yaitu kurangnnya pengetahuan siswa dalam membaca Al-Qur’an, keterbatasan sumber belajar dan keadaan sarana dan prasarana. 3) Dan adapun upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kendala pembelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Stanawiyah Swasta Nurul Huda yaitu memberikan pelajaran tambahan, memanfaatkan perpustkaan dan menyediakan sarana dan prasarana pembelajaran agama.