EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH SALAMAH KOTA JAMBI

Main Authors: SRI HARLELI, TPG. 151731, Shalahudin, Shalahudin, Al-Ihwanah, Al-Ihwanah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/2479/1/SRI%20HARLELI_TPG.%20151731_PENDIDIKAN%20GURU%20MADRASAH%20IBTIDAIYAH%20-%20Sri%20Herleli.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/2479/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang pengaruh model pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah Salamah Kota Jambi Kelas V pada pembelajaran tematik IPA. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain quasi experiment-posttest-only control design, sedangkan teknik pengambilan sampelnya yaitu dengan menggunakan teknik total sampling. Sampel penelitian di bagi menjadi dua kelas yaitu kelas VB sebagai kelas Eksperimen dan kelas VA sebagai kelas Kontrol. Pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini berupa teknik test. Soal test tersebut digunakan untuk melihat hasil belajar siswa. Hasil pengelolahan data diperoleh data-data hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Mind Mapping sebesar 84,49% dan yang tidak menggunakan model pembelajaran Mind Mapping sebesar 62,06%. standar deviasi yang menggunakan mode pembelajaran Mind Mapping sebesar 8,227%, dan yang tidak menggunakan model pembelajaran Mind Mapping sebesar 15,933%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar tematik yang menggunakan metode eksperimen lebih baik dibandingkan dengan tidak menggunakan model pembelajaran Mind Mapping, adanya perbedaan hasil belajar ini juga terbukti melalui pengujian hipotesis yang dilakukan yaitu ttabel = 2,021 > thitung = 5,94 < ttabel = 2,704. Karena hasil uji hipotesis penilaian diperoleh ttabel = 5% , thitung > ttabel = 1%, sehingga H0 ditolak Ha diterima. Artinya terdapat perbandingan yang signifikan antara hasil belajar tematik yang menggunakan model pembelajaran Mind Mapping dengan tidak menggunakan model pembelajaran Mind Mapping.