MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN DENGAN MODEL SKRIP KOOPERATIFDIKELAS III MADRASAH IBTIDAIYAHAL- MUNAWWARAH KOTA JAMBI

Main Authors: MEMI SULASTRI, TPG.151696, Mahluddin, Mahluddin, Tabroni, Tabroni
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/2466/1/TPG151696_MEMI%20SULASTRI_PGMI%20-%20memi%20123.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/2466/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan Model Skrip Kooperatif pada pelajaran Matemetika materi perkalian dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Al-Munawwarah Kota Jambi. Penilitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang diperkuat dengan pendekatan kuantitatif, dengan mengambil latar Madrasah Ibtidaiyah Al-Munawwarah Kota Jambi, sedangkan objek penelitian adalah meningkatkan hasil belajar matematika materi perkalian dengan model Skrip Kooperatif , Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus dan melalui empat tahapan yang mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, mengerjakan soal, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan hasil tes belajar siklus I dan siklus II , Pendekatan pada siklus I menunjukkan bahwa seluruh kegiatan pembelajaran belum cukup baik dilaksanakan oleh siswa meskipun mengalami peningkatan pada siklus I dan masih pada predikat kurang, karena rata-rata persentase kegiatan masih dibawah 70% , siklus II telah menunjukan hasil yang memuaskan baik dari aktivitas belajar siswa telah berada pada predikat cukup, baik dan sangat baik sedangkan hasil belajar siswa telah mencapai rata-rata sebesar 71% dengan persentase secara klasikal sebesar 88% artinya tindakan perbaikan untuk proses pembelajaran dicukupkan telah mencapai kriteria.