PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 30 MUARO JAMBI

Main Authors: DESI RATNA DILA, TP. 151343, Aziz, Djisman, Walid, Abul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/2459/1/SKRPSI_DESI_RATNA_DILA-edited_%281%29%5B1%5D%20-%20Afriana%20Santosa.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/2459/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidak nya peningkatan hasil belajar siswa dengan diterapkannya metode demonstrasi pada mata pelajaran pendidikan agama islam kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 30 Muaro Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan Model Kemmis dan MC Taggart, tahapan-tahapan yang dilakukan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan metode demonstrasi pada mata pelajaran pendidikan agama islam dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII C di Sekolah Menengah Pertama Negeri 30 Muaro Jambi. Hal ini berdasarkan peningkatan nilai hasil belajar siswa pada pra siklus, siklus I dan siklus II. Hasil belajar siswa pada pra siklus diperoleh rata-rata persentase keberhasilan siswa yaitu 47,61% dan pada siklus I diperoleh rata-rata persentase keberhasilan siswa sebesar 66,66% sedangkan pada siklus II diperoleh rata-rata keberhasilan siswa sebesar 80,95%. Hal ini menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran pendidikan agama islam dengan menggunakan metode demonstrasi.