IMPLEMENTASI METODE DISKUSI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS XI DI MADRASYAH ALIYAH SWASTA NURURRODHIYAH KOTA JAMBI
Main Authors: | LILIS ANDRIYANI, TP. 151387, Aziz, Nur Azmi, Ridwan, Ridwan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/2448/1/SKRIPSIII%20LILIS%20ANDRIIII%20YANI-dikonversi%20-%20Lilis%20Andriyani.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/2448/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas tentang Implementasi metode diskusi dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah Nururrodhiyah Kota Jambi. Tujuan pnenlitian ini ialah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam Madrasah Aliyah Nururrodhiyah Kota Jambi dengan menerapkan Metode Diskusi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian ini ialah siswa kelas XI Madrasah Aliyah Nururrodhiyah Kota Jambi dan objek penelitiannya ialah Metode Diskusi, hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Data diperoleh melalui observasi dan tes evaluasi kognitif siswa. Penelitian ini menggunakan model siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Metode Diskusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar diukur dari evaluasi Pra-Siklus, Siklus I dan Siklus II dengan nilai rata-rata pada Pra-Siklus 72,9, pada Siklus I 76,3 dan nilai rata-rata pada siklus II 80,9. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan Metode Diskusi terhadap hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa Madrasah Aliyah Nururrodhiyah Kota Jambi dikatakan berhasil.