PENGARUH KONDISI RUANG KELAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH LABORATORIUM JAMBI

Main Authors: NOFI FITRIANI, TM.140735, Usmar, Ali, Meslita, Rima
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/2447/1/SKRIPSI-FITRIANI%20-%20Dinni%20Computer.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/2447/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh kondisi ruang kelas terhadap motivasi belajar siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Laboratorium Jambi.. Penelitian ini merupakan dengan pendekatan kuantitatif. Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik angket, angket penelitian sebelumnya telah diuji cobakan kepada 24 siswa di sekolah AnnurTangkit yang diperoleh secara acak. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik Cluster Sampling sebanyak 57 siswa semester 1 (ganjil), penelitian ini menemukan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kondisi ruang kelas terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Laboratorium Jambi. Hal ini didasarkan dari analisis data dengan menggunakan teknik Korelasi Koefiisien Kontingensi diperoleh koofisien korelasi sebesar 0,782. Sehingga Ha diterima, artinya ada pengaruh kondisi ruang kelas terhadap motivasi belajar siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Laboratorium Jambi