UPAYA ORANG TUA DALAM MENDIDIK ANAK SHOLAT WAJIB DI DESA SUMBER SARI KECAMATAN TUNGKAL JAYA KABUPATEN MUSI BANYUASIN

Main Authors: YETTI ANGGRAENI, TP 151485, Armida, Armida, Syaifullah, M.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/2442/1/TP151485_YETTI%20ANGGRAENI_PENDIDIKAN%20AGAMA%20ISLAM_UIN%20STS%20JAMBI%20-%20Yetti%20Anggraeni.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/2442/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang upaya orang tua dalam mendidik anak sholat di desa Sumber Sari kecamatan Tungkal Jaya kabupaten Musi Banyuasin ini merupakan penelitian kualitatif. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menemukan bahwa upaya orang tua dalam mendidik anak sholat wajib di desa Sumber Sari kecamatan Tungkal Jaya kabupaten Musi Banyuasin antara lain dengan cara mengantar anak ke tempat pengajian (antara maghrib dan isya), memasukkan anaknya ke Madrasah Ibtidaiyah, memberi contoh yang baik dan dinasehati serta diberi tahu tentang dampak meninggalkan sholat. Adapun kendala orang tua adalah kesibukan orang tua dalam bekerja, pengetahuan agama dari orang tua, anak yang malas, pengaruh negative media informasi. Sementara solusi orang tua dalam mengatasi kendala adalah memasukkan anak belajar ke madrasah, orang tua mengikuti pengajian agama, mengajak anak sholat berjamaah, membatasi dan mengawasi penggunaan media informasi anak-anak. Hasil dari penelitian ini diharapkan kepada para orang tua untuk lebih memperhatikan pendidikan sholat anak. Bantuan yang diberikan orang tua merupakan kontribusi positif yang membantu tercipta insan kamil sesuai dengan tujuan pendidikan islam. Kepada pihak orang tua juga harus selalu melakukan pengawasan dan mengontrol anak selama anak melakukan aktivitas sholat di rumah, karena ini sangat membantu kemajuan pendidikan sholat anak. Kepada para orang tua juga harus bekerja sama dengan guru pengajian malam menghadapi segala permasalahan pendidikan sholat anak di rumah. Pengalaman yang berbeda antara dua tempat pendidikan ini sangat membantu pencapaian pendidikan sholat pada diri anak.