UPAYA GURU AL-QUR’AN HADITS DALAM MENINGKATKAN RENDAHNYA KOMPETENSI SISWA BACA TULIS AL-QUR’AN DI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI KOTA JAMBI
Main Authors: | NURMALA, TP.151434, Jamil, Zawaqi Afdhal, Hasanah, Dewi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/2441/1/TP151434_NURMALA_PAI%20-%20Mala%20Edsajuwila%20SM.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/2441/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas tentang upaya guru Al-Qur‟an Hadits dalam meningkatkan rendahnya kompetensi siswa baca tulis Al-Qur‟an di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kota Jambi. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana desain dan proses pembelajaran Al-Qur‟an Hadits dalam rendahnya baca tulis Al-Qur‟an, bagaimana metode pembelajaran Al-Qur‟an Hadits dalam baca tulis Al-Qur‟an, mengapa rendahnya kompetensi siswa dalam baca tulis Al-Qur‟an, upaya apa saja yang dilakukan guru Al-Qur‟an hadits dalam meningkatkan rendahnya kompetensi siswa baca tulis Al-Qur‟an. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dandokumentasi. Disimpulkan bahwa desain dan proses pembelajaran rendahnya kompetensi siswa baca tulis AlQur‟an terbagi menjadi empat tingkatan, yakni: siswa berkemampuan membaca Al-Qur‟an sangat lancar, siswa berkemampuan membaca Al-Qur‟an lancar, siswa berkemampuan membaca Al-Qur‟an kurang lancar, siswa berkemampuan membaca Al-Qur‟an tidak lancar. Metode pembelajaran baca tulis Al-Qur‟an digunakan dalam rangka meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an dengan memadukan metode iqro‟ dan metode Al-baghdadiyah. Rendahnya kemampuan baca tulis Al-Qur‟an disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu: Kurang perhatian orang tua, keterbatasan jam belajar di sekolah, dan rendahnya minat belajar siswa. Upaya yang di lakukan guru Al-Qur‟an hadits untuk meningkatkan kemampuan siswa membaca Al-Qur‟an yaitu: Mengadakan belajar Al-Qur‟an jam tambahan, mengajar dengan metode latihan dan hafalan, memberikan bimbingan