PENERAPAN METODE DISKUSI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS X SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN AL-IRSYAD KOTA JAMBI
Main Authors: | MUHAMMAD RINO DWI CAHYO, TP 151418, Karim, Hasnidar, Walid, Abul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/2440/1/TP151418_MUHAMMAD%20RINO%20DWI%20CAHYO_PAI%20-%20Riino%20Dwi%20Cahyo.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/2440/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas tentang Penerapan Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Al-Irsyad Kota Jambi. Adapaun rumusan masalah yakni bagaimana penerapan metode diskusi kelompok kecil pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Al-Irsyad Kota Jambi dan apakah penerapan metode diskusi kelompok kecil dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Kejuruan Al-Irsyad Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas, sebagai upaya untuk memberikan jawaban atas permasalahan yang telah diuraiakan. Hasil penelitian menunjukkan keberhasilan dalam hasil belajar siswa ditunjukkan dalam setiap siklusnya dengan nilai Kriteria Ketuntasan Minimal adalah 75, dimulai dari observasi awal bahwa 7 siswa atau 25% yang mencapai ketuntasan. Pada siklus I menunjukkan peningkatan bahwa 18 siswa atau 64,28% yang mencapai ketuntasan, kemudian pada siklus II mengalami peningkatan kembali bahwa 25 siswa atau 89,28% yang mencapai ketuntasan. Penerapan metode diskusi berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas X di SMK Al-Irsyad Kota Jambi. Hasil penelitian ini yaitu menyarankan agar guru menerapkan metode diskusi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan disesuaikan dengan materi yang membutuhkan penerapan metode diskusi.