PENGGUNAAN METODE DISKUSI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 TUNGKAL ULU KECAMATAN BATANG ASAM KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT PROVINSI JAMBI

Main Authors: LUSI YARNI, TP.151391, Karim, Hasnidar, Walid, Abul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/2439/1/TP151391_LUSI%20YARNI_PAI%20-%20Lusi%20Yarni.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/2439/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang Penggunaan Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Tungkal Ulu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas jenis kolaboratif yang dianalisis secara deskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan data digunakan metode tes dan observasi. Metode tes digunakan untuk mengetahui kemampuan belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi. Sedangkan metode observasi digunakan untuk mengukur aktivitas guru dan siswa setiap siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, penggunaan metode diskusi mampu meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa di SMP Negeri 3 Tungkal Ulu yaitu 53% pada siklus I, 63% pada siklus II dan 76% pada siklus III. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PAI menggunakan metode diskusi dapat meningkatkan prestasi belajar siawa pada materi pokok menghindari minuman keras, judi dan pertengkaran dari peningkatan nilai posttest di setiap siklus.