PENGARUH PENGGUNAAN MODEL HANDS ON ACTIVITY TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 GAUNG RIAU

Main Authors: RISA SUSI SUSANTI, TM.140752, El Hilali, Husni, Rapiko, Rapiko
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/2417/1/TM.%20140752_RISA%20SUSI%20SUSANTI_TADRIS%20MATEMATIKA%20-%20win%20aramico.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/2417/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Penggunaan model Hands On Activity Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Gaung Riau. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain Postest Only Control desaign, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Subjek penelitian adalah kelas VIII1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 24 orang siswa dan kelas VIII2 sebagai kelas kontrol berjumlah 24 orang siswa. Data hasil penelitian diperoleh skor tertinggi 98 dan terendah 50 dengan rata-rata hitung 76,17 sedangkan pada kelas kontrol diperoleh skor tertinggi 80 dan terendah 40, dengan rata-rata hitung 57,04. Data peneitian dianalisis menggunakan uji t-tes dan uji korelasi phi. Berdasarkan perhitungan menggunakan uji t diperoleh thitung = 5,81 pada taraf signifikan 5% diperoleh dan taraf signifikan 1% diperoleh dengan demikian dengan demikian . Sehingga diterima, artinya kedua variabel terdapat perbedaan yang signifikan. Untuk melihat berapa besar pengaruh model pembelajaran hands on activity terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa digunakan perhitungan Korelasi phi. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai . Dengan , maka diperoleh taraf signifikan sebesar dan taraf signifikan sebesar . Karena yang diperoleh melalui perhitungan ( ) adalah lebih besar dari pada maka (Hipotesis alternatif) diterima. Berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara nilai tes kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran hands on activity. Dengan kata lain, Antara variabel X dan Y terdapat korelasi yang sedang atau cukupan. Hasil penelitian ini menyarankan agar guru menggunakan model pembelajaran hands on activity dalam pembelajaran, khususnya pada pembahasan sistem persamaan linear dua variabel.