THE EFFECT OF STUDENTS’ TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) ON STUDENTS’ READING COMPREHENSION
Main Authors: | SASMAWATI, TE.151621, Ritonga, Ahmad Husein, Mahmudah, Faiqah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/2410/1/TE151621_sasmawati_TBI%20-%20Sasmawati%20Watie.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/2410/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas tentang penerapan metode Students’ Team Achievement Divisions (STAD) dalam kemampuan membaca siswa di sekolah SMK Baiturrahim Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi ekperimental. Subjek penelitian berjumlah 50 orang yang 25 siswa berasal dari kelas eksperimen dan 25 siswa darikelas kontrol. Metode pengumpulan data di lakukan dengan menggunakan tes yakni pretest dan posttest. Sedangkan untuk analisis data penulis menggunakan kamus dan SPSS versi 21 untuk mengetahui hasil dari pretest dan posttest. Hasil penelitian menjelaskan bahwa penggunaan metode STAD dapat membantu kemampuan belajar siswa. Hal ini terlihat dari hasil independent samples test dimana siswa yang diajari dengan metode STAD (eksperimen group ) meraih nilai rata-rata lebih tinggi yakni 74,60 di banding siswa yang tidak diajari dengan metode STAD (control group) yakni 66,60 sedangkan untuk menentukan hasil rata-rata siswa yang berasal dari kelompok yang sama, peneliti menggunakan paired samples test. Hasil tes menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan setelah diajari dengan metode STAD, yakni dari 59,00 (pre test) menjadi 74,60 (post test). Hal ini menunjukkan jika penggunaan STAD efektif untuk di ajarkan pada siswa untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa.