PEMBINAAN PROFESIONALITAS TENAGA PENDIDIK DALAM MENINGKATKAN PRESTASI SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM AL-FALAH KOTA JAMBI
Main Authors: | CLAUDIA VISCA SIREGAR, TK.151127, Hakim, Lukman, Nugroho, Aris Dwi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/2363/1/TK151127_Claudia%20Visca%20Siregar_MPI%20-%20claudia%20visca.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/2363/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini membahas tentang pembinaan profesionalitas tenaga pendidik dalam meningkatkan prestasi siswa yang dilakukan di Sekolah Menengah Atas Islam AlFalah Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pembinaan profesionalitas tenaga pendidik dalam meningkatkan prestasi siswa merupakan suatu keharusan yang perlu dilakukan semua pihak sekolah guna meningkatkan kualitas tenaga pendidik tersebut dan kualitas pembelajaran yang dilakukan di sekolah tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembinaan profesionalitas tenaga pendidik dalam meningkatkan prestasi siswa dilakukan melalui berbagai program pembinaan yang dapat menunjang profesionalitas tenaga pendidik di Sekolah Menengah Atas Islam Al-Falah Kota Jambi, baik pembinaan yang dilakukan oleh sekolah maupun dari Dinas Pendidikan Provinsi Jambi. Pembinaan profesionalitas tenaga pendidik tersebut berdasarkan empat standar kompetensi guru yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi professional, dan kompetensi sosial. Adapun pembinaan profesionalitas terkait kompetensi pedagogik dilakukan melalui pembinaan dalam bentuk workshop dan supervisi dari kepala sekolah, pembinaan profesionalitas terkait kompetensi kepribadian tenaga pendidik melalui pelatihan keagamaan, pembinaan profesionalitas terkait kompetensi profesional tenaga pendidik melalui pelatihan MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) dan pendidikan lanjutan, serta pembinaan profesionalitas terkait kompetensi sosial tenaga pendidik melalui seminar keagamaan yang ada di masyarakat.