KEPEMIMPINAN PONDOK PESANTREN DALAM TRANSFORMASI MANAJEMEN KURIKULUM DI MADRASAH ALIYAH AS’AD OLAK KEMANG KOTA JAMBI
Main Authors: | CARIN CAHAYA PUTRI, TK.151125, Khalik, A., Nugroho, Aris Dwi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/2360/1/TK151125_CARIN%20CAHYA%20PUTRI_MPI%20-%20carin%20cahyaputri.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/2360/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini membahas tentang transformasi manajemen pengelolaan kurikulum yang di lakukan Madrasah Aliyah As‟ad Olak Kemang Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa transformasi pengelolaan kurikulum dilakukan tidak ada yang di kurangi sedikitpun, tetapi bersifat penambahan. Dalam proses transformasi kurikulum salafi (kitab kuning) tidak ada yang di kurangi sedikitpun, bahkan kitab- kitab kuning yang di pelajari terus bertambah. Karena pada subtansinya kitab kuning bukanlah diajukan kepada kitab yang berwarna kuning saja, namun yang di maksud dengan kitab kuning adalah kitab-kitab yang mengakarkan pondasi-pondasi agama Islam. Dan oleh sebab itu pembelajaran yang menggunakan kitab kuning masih terus di pertahankan sampai saat ini. Dan dengan pemikiran Kyai pendiri pondok pesantren yang maju maka beliau memutuskan untuk memasukan pembelajaran umum karena sebagai tuntutan zaman dan sebagai kebutuhan masyarakat pada era globalisasi saat ini. Karena Pondok Pesantren As‟ad mampu memadukan kurikulum pesantren, pemerintah, departemen agama, dan diknas.