MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM TERPADU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MODELING THE WAY DI MADRASAH TSANAWIYAH NURUL HUDA KABUPATEN MUARO JAMBI

Main Authors: MUHAMMAD AS’AD, TF.120868, Rosadi, Kemas Imron, Sefrinando, Boby
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/2344/1/TF120868_MUHAMMAD%20AS_AD_TADRIS%20FISIKA%20-%20Muhammad%20Asad.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/2344/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang meningkatkan pemahaman konsep IPA Terpadu siswa, melalui model pembelajaran modeling the way di Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Muaro Jambi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan teknik observasi. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII IPA dengan jumlah siswa 20 orang siswa, yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Penelitian menemukan bahwa penerapan model pembelajaran modeling the way dapat meningkatkan pemahaman konsep IPA Terpadu siswa. Pemahaman konsep IPA Terpadu siswa mengalami peningkatan mulai dari siklus I hingga siklus 2. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan persentase indikator-indikator yang diamati, yaitu kemampuan siswa dalam menafsirkan meningkat dari (55%) menjadi (75%) kemampuan siswa mencontohkan meningkat dari (70%) menjadi (85%) kemampuan siswa mengelompokan meningkat dari (70%) menjadi (90%) kemampuan siswa menjelaskan meningkat dari (55%) menjadi (90%). Dari data tersebut dapat disimpulkan rata-rata keseluruhan pemahaman konsep IPA Terpadu dari 20 orang yang mengikuti tes meningkat dari (62,50%) menjadi (85%). Dan dapat disimpulkan juga bahwa proses pembelajaran pada penelitian ini telah berjalan baik dan telah mencapai indikator keberhasilan yang telah diharapkan. Hasil penelitian ini menyarankan agar guru menerapkan model pembelajaran modeling the way dalam pembelajaran IPA terpadu.