PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA FISIKA DENGAN MENERAPKAN STRATEGI PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, and Review) DI KELAS XC SEKOLAH MENENGAH ATAS PEMBANGUNAN YAYASAN PENDIDIKAN WANITA ISLAM KOTA JAMBI

Main Authors: SITI DHIYANINGSIH, TF130995, Aziz, Djisman, Tanti, Tanti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/2342/1/TF._130995%2C_SITI_DHIYANINGSIH%2C_TADRIS_FISIKA_%5B1%5D%20-%20SITI%20DHIYANINGSIH.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/2342/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang Peningkatan Hasil Belajar Siswa Fisika dengan menerapkan Strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, and Review) di kelas XC Sekolah Menengah Atas Pembangunan Yayasan Pendidikan Wanita Islam Kota Jambi tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, and Review), sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, Dokumentasi, dan Observasi. Penelitian menemukan bahwa pembelajaran menggunakan strategi PQ4R berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar Fisika siswa di Sekolah Menengah Atas (SMA) Pembangunan YPWI Kota Jambi. Hasil nilai rata-rata ulangan pada prasiklus yang didapat dari guru mata pelajaran yaitu 48,01. Pada siklus I nilai rata-rata yang dihasilkan sebesar 59 dengan siswa yang tuntas sebesar 16,13%. Pada siklus II nilai rata-rata yang dihasilkan meningkat menjadi 72,37 dengan siswa yang tuntas sebesar 80,65%. yang membuktikan bahwa strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, and Review) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika. Hasil Penelitian menyarankan agar guru dapat menggunakan strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, and Review) dalam kegiatan pembelajaran Fisika.