MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJAIYAH ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI MEDIA FLASH CARD DI RAUDHATUL ATHFAL BAITURRAHIM KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT
Main Authors: | RINI, MPU1722798, Risnita, Risnita, Musa, Musa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/2332/1/tesis%20rini%20pdf%20-%20iyus%20yusnita.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/2332/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini berfokus pada Media Flash Card dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan melihat kegiatan bermain seraya belajar melalui media flash card dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah anak. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) diadakan di Raudhatul Athfal Baiturrahim Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Penelitian ini menggunakan 26 orang anak yang berusia 4-5 tahun sebagai pastisipan. Model penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan model rancangan Kemmis dan M.C Taggart dengan menggunakan 3 siklus dari masing masing siklus menggunakan empat langkah yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif serta untuk mendapatkan presentase menggunakan skala likert. Hasil penelitian dengan penggunnaan media Flash Card dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah anak semakin meningkat yaitu pada pra siklus kemampuan anak 48,07%, siklus I kemampuan anak 55,76%, siklus II kemampuan anak 80,76%, dan siklus III kemampuan anak 97,11%. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Flash Card dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah anak pada kelompok A kelas As-Salam di Raudhatul Athfal Baiturrahim Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Berdasarkan penelitian tinfakan ini implikasi secara praktis digunakan sebagai bahan untuk membantu guru dalam pemahaman dan pengetahuan baru bagi guru sehingga guru dapat menerapkan untuk selanjutnya.